Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Minggu, 15 September 2013

Rawa Pening & Candi Gedong Songo, Ambarawa



Minggu, 8 September 2013
            Udah nyampe Semarang nihhh... kota metropolitan kelima terbesar di Indonesia.
            Aku ngikut blusukannya para strip kuning, yang bukan mesin photo copy itu loh, anu.... nikonian itu lohh B-)
            Kita, aku, Mas Cemy, Mas Vincent dan Mas David capcus ke Semarang, tujuan kita adalah Rawa Pening. Rencana sih dari rumah jam 5 pagi, iyaaa mas Cemi berangkatnya emang jam 5 pagi dari rumah, tapi gara2 mis komunikasi nungguin saia berangkat dari Patuk udah jam setengah 8.
            Sampai di kota Ambarawa kita udah siang banget, sekitar jam 11 gitu, panas gitu. Perut sudah menjerit minta diisi dan isi dengan nasi pecel spesial Semarang (pecelnya sih sama kayak pecel di Jogja, tapi spesial makannya di Semarang :D).Setelah kenyang (belum kenyang sih sebenernya, kurang banyak :D) kita lanjut lagi. Dari kota Ambarawa ke Rawa Pening sekitar 15 menit. Tapi berhubung pake acara keblasuk jadi ya.... (Lucu aja, mas Vincent itu rumahnya Semarang tapi belum pernah ke Rawa Pening :P).

            Rawa Pening (pening itu artinya bening, bukan pening mumet :P) adalah danau yang dijadiklan tempat wisata dan pemancingan di kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Luasnya 2.670 Ha meliputi wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di lembah terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Asal usul rawa Pening menurut cerita adalah dari muntahan air yang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Ginting (untuk cerita lengkapnya boleh tanya mbah Gugel ya :)).
            Oke sampai Rawa Pening cuaca makin panas aja. Dan yang tak liat pertama kali disana adalah..... orang pacaran, orang pacaran, orang pacaran!!! Dan deritaku sebagai tuna asmara diuji kembali *menenggelamkan diri ke dalam rawa*.
*saia gigit jari*
            Hot potato – potato (red : panas kentang kentang) tapi langit putih, tak mau membiru. Nafsu memotretku jadi hilang dan Cuma dapet ini
Rawa Pening bikin pening!! :D
            Satu persatu dari kita akhirnya memilih untuk berteduh di bawah pohon pinus, di bukit Cinta (bener aja dinamain bukit cinta, banyak yang bercinta disini -__-, terus aku pie?? *lompat seko nduwur bukit*).
Lebaaarrrrr :D
            Aku,  mas Vincent dan mas David ngremus lotis sambil merencanakan mau kemana lagi, sepertinya perasaan mereka juga sama dengan saia, sepertinya mereka juga tuna asmara #Ups. Selain sebagai tempat pacaran disini juga terkenal sebagai tempat piknik keluarga, jadi kalo kesini jangan lupa bawa tikar dan keranjang makanan yaa, anak istrinya jangan lupa diajak :). Dan kita memutuskan untuk capcus ke Candi Gedong Songo. Tapi mas Cemi gak tau pergi kemana, jangan – jangan dia menceburkan diri ke dalam rawa!!! *lalu saia mencari mas Cemy).
            Setelah membolak – balik sekumpulan enceng gondok, menyelam ke bawah kapal dan mengais unthuk cacing di pinggir rawa akhirnya aku menemukan mas Cemy sedang nangkring di atas drum pelampung di rawa itu (nek kecemplung mesti gayeng banget, mas Cemy-nya sih biarin aja, tapi kamerane sik eman – eman :D).
            Mas Cemy sih masih pengen di rawa, tapi kita memaksa dia buat enyah dari rawa ini (Eh, tapi usaha dia buat nangkring2 di atas drum pelampung itu membuahkan hasil, jepretannya mayan keren, dapet langit biru).
            Dari Rawa Pening ke Candi Gedong Songo kita butuh waktu sekitar setengah jam, dengan jalan menanjak, jadi lokasi Candi Gedong Songo sudah berada di lereng gunung Ungaran.
            Candi Gedong Songo adalah candi hindu yang terletak di kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi ini mirip  Candi Arjuna, Dieng yaaaaa :D
            Dan sampai disana kita dihujani, gile aje Gunungkidul masih musim kemarau Ambarawa udah musim hujan. Disini dinginnya hampir mirip dengan di Dieng, udah dingin dan kehujanan. #Duh butuh yang angetttt!!! *ngremus knalpot*
            Tapi kita blusuker nikonian sejati kok, strip kuning sejati kok, jadi kita tetap mangat buat menjelajahi candi Gedong Songo yang letaknya di atas bukit dan mencar – mencar ini. *nyanyi naik – naik ke puncak gunung tinggi – tinggi sekaleeee*.
            Hujan sudah reda tapi langit putih kehitaman, ya udah ini yang saia dapat.

CandiGedong Songo I
Candi Gedong Songo II
Pemandangannya keren lohhh :)
Ada banyak bunga - bunga yang tumbuh disini, ex : bunga mawar :), bukan mawar hitam lhhooo!!!
        . Ada yang spesial ketika kita menjelajahi candi ini karena di sepanjang perjalanan kita disuguhi dengan aroma eek jaran :D
Kalau gak mau capek, bisa naik kuda lhoo :)
        Disini juga ada pemandian air panasnya lhoooo, aroma belerangnya menyengat sekalee.... mirip di Kawah Sikidang, Dieng :).

Golek wangsit :D
            Sampai di candi paling puncak, kita photo keluarga dulu.
Sama Master Cemy :P
Ternyata sama Mas Cemy itu tinggian sayaa!!!
Pendekar Strip Kuning, yang bukan mesin photo copy itu lhoo :D

            Waktu sudah sore dan kita turun menuju parkiran dengan cara ngglundhung. Masih menempuh perjalanan pulang dari Semarang sampai Gunungkidul dan tetap mangaatt!!! Selanjutnya  kemana lagi???!!!            

4 komentar:

  1. weh, tuna asmara? Apa saya salah baca di artikel candi Prambanan katanya udah gak tuna asmara lagi?

    Saya motret Rawa Pening tahun 2009. Berangkat jam 3 pagi dari Jogja mpe sana sekitar jam setengah lima pagi. Mendung juga sih sekitar jam 8-an. Tapi nggak separah pas ke Candi Gedong Songo nekat hujan-hujanan, hahaha.

    Saran saya sih, memang harus datang di lokasi pagi banget. Kalau bisa shalat subuhnya di deket lokasi. Sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huehehhe.... sekarang udah tuna asmara lagii maasss :(
      iya harus e nek gak pagi yo sore :)
      Mangaaattt kakakkk!! :D

      Hapus
  2. Masih saja ngomongin tinggi... :-@

    BalasHapus
  3. ku temukan sebuah kata "tuna asmara" lagi dalam postingan kali ini
    oh iya mbak udah pernah ke candi arjuna DIENG ya ..?
    postingannya mana mbak ...?

    BalasHapus