Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Kamis, 09 Mei 2013

Hijaunya Candi Abang


9 Mei 2013
Udah agak siang, ku pacu kuda hitamku menuruni bukit Pathuk. Udah dandan sangar tapi unyu dan siap untuk memblusuk. Mblusuk kemana?
Rencananya inih mau ke Candi Abang. Udah lama sih denger tentang Candi Abang, sejak SMA dulu (padahal SMA taun kapaaannn??? -__-), SMA-ku lumayan deket sama candi itu. Tapi belum pernah kesana.
Dulu pas lewat jalan raya di bawahnya kok liat ke atas ada bukit hijau gitu. Terus tanya – tanya temen dan itu adalah Candi Abang.
Hari ini aku lagi pengen mblusuk sendiri. Capcuslah aku kesana. Ternyatahhh jalannya luar biasa!!! Brutal dan sadis. Lumayan horor, lewat jalan setapak bebatuan terjal dan di deket situ ada rumah kosong (keliatannya rumah itu udah ditinggal lama sama penghuninya, rumahnya cukup gedhe dan ditumbuhi semak belukar, ada kolam gedhenya juga agak merinding gitu lewat situ). Dari rumah kosong sampe Candi Abang kerasa banget hawa horornya (emang dasarnya penakut sih -_-). Awalnya ragu – ragu mau terus atau enggak karena Mutiyaa yang sebenarnya adalah penakut banget. Tapi ya wong udah mau nyampe, dan juga penasaran.
Akhirnya aku menyusuri jalan setapak itu dengan memacu perlahan kuda hitamku.
Kalo kesini jangan pas hujan, ini jalannya kering aja motor kudu dibawa sepelan mungkin. Tapi nek nganggo trail opo sepedaan malah gayeng ketoke :D #DuhPengen.
Tapi sadisnya jalan itu terbayar lunas dengan view-nyahhh!! Udah keliatan nih...
Hah? Candi Abang kok warnanya hijau?
Candi Abang ini adalah candi hindu yang terletak di dusun Candi Abang, Kelurahan Johotirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya disebelah utara SMP 3 Berbah (meskipun aku orang Gunungkidul dan cinta sama Gunungkidul, tapi blusukan dimanapun tetep capcus!!). Kalau masih bingung, tanya warga disekitar itu, pasti dikasih tau. Ada beberapa akses untuk bisa sampe ke candi ini. Jalan kaki bisa, dan motoran juga bisa. Kalau memang tidak berani bawa motor sampe candi bisa dititipin kok motornya. Tapi kalau mau ngerasain gimana yang namanya blusukan yang sebenarnya ya dibawa sampe puncak. Dan harus rela juga kaki beset – beset gara2 kesasak – sasak rumput berduri *tiup tiup kaki*.
Sampe atas liat kebawah, jalannya kayak gini nihh
Curam
Dari atas sini bisa liat pemandangan ke berbagai arah, barat, selatan, timur dan utara. Bisa liat gunung Merapi juga tapi sayangnya pas nyampe sana si Merapi ketutup awan.
Di kaki bukit ini juga ada goanya, namanya Goa Sentono.
Awan cukup keren. Niih si candi Abang yang hijaunya menyejukan mata (padahal jane puanisss tenan, ini udah meh adzan zhuhur).

Eh ada Sondesip. Shaun the sheep mut!!! katrok kowe, sondesip -_-
Tetep kudu foto – foto disini dong, nih

Liat ya, aku mau naik ke puncak candi Abang

Naik - naik ke puncak gunung, tinggi tinggi sekali.... lalalala (Judul lagu : Nrethek - nrethek)
Yey berhasill!!!!! ketoke cendhik bul pegel neng sikil

Luar biasa.... panasnya (Eh ketoke nek startrail-an neng kene apik lho :D, tapi yo horor kui mauh!!!! Gak kepikir kali malem – malem disini cuma buat startrailan, diculik malah repot!!!)
Dan kayaknya asik nih foto sama si kuda hitam, sama wedhus gembel juga ah :D
Foto sama si domba, tak tanya namanya siapa, katanya namanya Arnold (wedhus gembel we kok jenenge Arnold, kalah keren kowe cuahh!! :D).
Hwaa.... ternyata dia gak kaget dan tetep asyik nyemil rumput -___-. Aku kamu anggep apa Nold!! Kamu cuwekin aku!!! Kamu udah gak sayang lagi ya sama aku!! #Nahloh kumat edane -__- 
Aku adalah anak gembala selalu riang serta gembira... lalala.... lalalala... (judul lagu : Angon Wedhus)
Arnold mau makan kakiku. Eh kok kamu mau makan aku sih, aku gak enak loh. Dagingku pahit!!! Jangan – jangan kamu keturunannya Edward Cullen??!! Tapi kok kamu gak ganteng kayak dia -_-
Eh tapi candinya itu mana, kok cuma gundukan tanah yang ditumbuhi rumput aja??
Kata warga sekitar, candinya itu berbentuk piramida dan dibangun dengan batu – bata warna merah dan seiring berjalannya waktu, batu bata itu menjadi tanah, lalu ditumbuhi rumput (Aku bukan orang Sejarah jadi kurang tau, karena aku orang Fisika :D).
Tetep keren ya :D
Kayak rumahnya teletubbies ya?? :D (Situ tau teletubbies gak?? Yang “berpelukaaaaann” itu lhooo!! Jadi nek kamu ikut kesini ntar tak ajak berlepelukaaaannn #Eh)
Blusukan sendiri, dan pertama kali ini gara – gara saking panasnya, kepala nyampe cleng clengan, buat berdiri gitu udah nggliyer, buat jalan udah sempoyongan, udah hampir semaput, pandangan udah banyak butiran hitam kecil kecil gitu, terus pengen muntah – muntah. Untung aja gak semaput disinihh -___-
Karena udah gak tahan sama panasnya. Terus juga lama – lama disini rasa takutku semakin tinggi, nek diculik pie jal!! Diculik barang alus!! Diculik manusia hutan, pie jal!! Ntar kamu kehilangan aku dong :D
Foto dulu sebelum pulang....
Ketoke nek sunsetan neng kene yo apik lho!!! Yora??!! Tapi kudu nggolek bolo, nek dewe haiyo muk nggregeli cah -__- #Penakut, yoben!! Tapi aku gak takut kalau sama kamu ;)
Dengan sisa tenaga aku bersiap menuruni bukit. Siapkan keterampilan menguasai motor yak!!! Kalo aku sih udah sahabatan sama si Vari, jadi udah sehati gitu :D
Bersiap!!!
Jalan kayak gini nyampe candi sekitar 500 km.
Salam mblusuk!! B-)
Saran : Kalo kesini jangan pas musim hujan, usahakan tidak pake motor matic, jangan lupa bawa bekal (karena gak ada yang jualan disini, mana ada yang jualan di hutan!!!!), jangan lupa berdoa, dan tentunya JANGAN KESINI SENDIRI!!!

8 komentar: