Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Rabu, 22 Januari 2014

Ensiklopedi Gunungkidul, Dari Mitos Menggapai Etos



            Setelah sekian minggu blog sepi dari postingan blusukan dan petualangan, karena memang cuma di rumah (belajar jadi anak rumahan). Statusku sebagai “anak rumahan” juga didukung sama cuaca yang akhir – akhir ini sedang tidak bersahabat, hujan, mendung, langit gak oke untuk dibingkai dengan lensa, manaa langitt biruuu?!!! Mana?!!!
            Giliran cuaca oke eh gak ada yang ngajak :(, resiko jadi Tuna Asmara.... Kenapa sih statusku sebagai #TunaAsmara gak berakhir juga, ahhh sudahlahh....
            Jadi dari sekian banyak rencana buat liburan, mendatangi tempat – tempat yang udah lama diimpikan jadi tertunda, entah mau kapan lagi karena mungkin musim kemarau besuk sudah tidak ada cerita lagi tentang semua ini :(
            Waktu selaw dirumah jadi penasaran sama buku ini
Heuhh... tebel yaa :D
ENSIKLOPEDI GUNUNGKIDUL
Pengarang

           ENSIKLOPEDI GUNUNGKIDUL, buku yang sangat istimewa ini menggelitik hatiku untuk membukanya meskipun keliatan tebel (mental mahasiswa pemalas yang kalau liat buku tebel bawaannya pengen buat bantal -__-). Tapi untuk buku tebal yang satu ini malah bikin penasaran.
Dari mitos
Menggapai Etos
Membuka Halaman demi halaman
Nemu ini, ada nama saya, Mutia Kymoot :)
Adoh Watu Cedak Ratu. Sejatinya adalah aktualisasi sikap andhap asor atau kerendahan hati. Mereka selalu merasa masih harus senantiasa belajar kepada alam tentang makna hidup yang sesungguhnya dan belajar hidup jauh dari adab keraton yang adi luhung (hal:4)
Rujak uleg obatnya orang yang lagi stres. Kepala pusing banyak kebutuhan uang tidak punya. Alam dunia itu macam – macam keadaannya, kenyataanya jika tidak kuat imannya akan berbahaya. Ingatlah pada Yang Maha Kuasa, manusia jangan terlalu mencintai kekayaan harta dunia.
Di pagi hari ayaam jago berkokok, ramai suaranya dan berkumpul. Alangkah bahagianya para petani, bersama – sama menanam padi. Matahari bersinar ke sebelah barat, burung berkicau dipepohonan. Bersahut – sahutan suaranya, menambah asri dunia dan seisinya”. Lalu, kata siapa hidup di desa itu gak enak??!!
            Dari Mitos Menggapai Etos, memang di Gunungkidul sendiri masih banyak mitos – mitos yang berkembang dalam masyarakat. Mitos mitos yang menurut sebagaian orang hanya sekedar “meden medeni” atau menakut – nakuti, ada lagi beberapa pihak yang justrumembantah mitos itu. Tapi dibalik semua itu sebenarnya ada pesan yang sangat luar biasa dari mitos itu, yang tentunya ada hal positif yang dapat kita ambil.
            Manusia, alam dan budaya itu merupakan hal – hal yang saling berkaitan dan ada hal yang luar biasa untuk kita maknai. Seperti yang tercantum dalam buku ini, Gunungkidul dengan segala keindahan alamnya meliputi pantai, gua, hutan dan juga berbagai macam kebudayaan dan kesenian daerahnya serta sopan santun manusianya tertulis di dalam buku ini.Terkuak jadi diri dan identitas sosial manusia Indonesia yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa. Akhirnya dari negeri yang penuh mitos, diharapkan muncul suatu etos kerja untuk mencapai Gunungkidul Handayani yang mulia dan seahtera dalam bingkaian keistimewaan.
Gunungkidul dalam genggaman
      Ah.... terlalu banyak jika harus diungkapkan dalam postingan ini. Semuanya menarik dan mengandung makna, pesan serta ilmu hidup. Ada banyak hal  yang dapat dipelajari dari buku ini, kerendahan hati, mencinta alam dan sebagainya. Monggo silahkan dibaca sendiri :).
      *Agak nyesel gak urun banyak foto untuk buku ini, padahal juga punya stok foto :(

9 komentar:

  1. Sip ... at least kita jadi orang2 pertama yang benar2 mencoba membaca semuanya. Semoga KPAD GK ndak kebanjiran order nyetak. Karena akan di sayangkan jika yg hasil revisi kedua nanti malah pada males belinya haaa
    Lanjut ... http://hitamputihhandayani.blogspot.com/2014/01/ensiklopedi-gunungkidul-dari-mitos.html

    BalasHapus
  2. Aku urung moco ki terus piye??? Lha bukune urung mulih :-)

    BalasHapus
  3. Mbok saya dipinjami buku kereeen ini. Ya ya

    BalasHapus
  4. Joss, luwih kandel seko KBBI. Ng njerone yo ono tentang mitos pulung gantung mbak?

    BalasHapus
  5. wah nama mbak mutia ada di buku ensiklopedi gunungkidul
    "KEREN" (Y) (Y)

    BalasHapus
  6. wah kandel nemen cah...ada mas wijna lagih hehe peace

    BalasHapus
  7. saya sudah buka - buka di perpus gunungkidul. insyaAllah bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Durung klakon moco, gek embuh bukune iseh po ora?
    Sopo duwe aq tak njileh

    BalasHapus
  9. Saya mau beli, yang jual saya bisa menghubungi siapa ya? Cah bayat iki, hehe :D

    BalasHapus