Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Selasa, 08 Oktober 2013

Ekspedisi Merbabu, Puncak Syarif & Puncak Kentheng Songo



            Sabtu, 5 Oktober 2013
11.30 WIB
Kita ber-15 dan guweh cewek sendirian diantara cowok – cowok NGX (Naik Gunung Xlub) Ledoksari, Gunungkidul meluncur ke Magelang, tujuan kali ini adalah puncak Merbabu. Gunung Merbabu yang terletak di kabupaten Magelang ini adalah gunung api yang bertipe Strato dengan ketinggian 3.145 mdpl.
            Rencana awal kita mau lewat jalur Selo, tapi karena malam sabtu tadi ternyata ada tragedi kebakaran jadi kita memilih jalur Wekas (padahal jare apik nek lewat Selo, eneng padang ilalange).
Jam 14.30 WIB kita sampai di kaki gunung Merbabu dan rehat sejenak di basecam, rumah bapak Sumarmo sambil menikmati sunset, sunset di kaki Merbabu aja udah keren, apalagi kalau di puncak nanti yaaa... 
Sunset di kaki Merbabu
Aku dan Sunset
di kaki gunung aja udah diatas awan, apalagi nanti di puncak yaaa :D
            Jam setengah tujuh malam, dengan tekad bulat dan mulut yang terselip doa kita mulai melangkahkan kaki naik menuju puncak Merbabu. Tas berat yang bertumpu dipunggung kami, berisi sleeping bag, baju ganti, persediaan air 4 liter, makanan, kamera, dumb, kompor, gas dan lain sebagainya, intinya sih berat bangett!!! Dan hawa dingin menusuk kulit dan debu yang berterbangan dari sepatu – sepatu yang berderap menapak tanah. Kita terus menapakkan kaki selangkah demi selangkah.
            Gurauan dan tawa di kaki gunung tadi mulai lenyap dan berubah menjadi nafas yang memburu. Satu persatu dari kami mulai terpisah, ada yang berhenti untuk mengatur nafas dan meregangkan otot kaki atau sekedar melepas dahaga yang mulai mengering dan mengisi perut yang mulai lapar dengan bekal yang kita bawa.
            Ini luar biasa, perjalanan malam, dalam gulita, di hutan, diantara pohon – pohon tinggi, semak belukar, jurang – jurang dalam, tebing – tebing tinggi, batuan terjal, tanah  berdebu, suara – suara binatang malam yang entah disana ada berapa jenis hewan yang siap menerkam kapan saja atau bisa jadi ular yang bersiap menelanku bulat – bulat.
            Dan yang paling luar biasa adalah langit malam ini bertaburan bintang. Ah... Tuhanku memang Maha Sempurna, Dia menaburkan bintang di langit-Nya yang terhampar luas. Indah...... (niat ngko nek wes tekan pos 2 arep milkyway-nan karo startrail-an).
            Berkali – kali aku berhenti untuk mengatur nafas yang rasanya mau putus, jantungku serasa mau meledak, kempolku syudah kamitotolen dan badan bermandikan peluh tapi udaranya dingin total (bayangin!!!!)
            Tapi aku patut berbangga, aku sampai pos 2 pukul 21.11 WIB. Orang ketiga setelah 2 orang dari rombongan kami (aku cewek hlohh..... endi sik lanang do neng mburi :v #MasihSajaMempermasalahkanGender ).
            Sampai pos 2 aku langsung nyemplung ke SB dan meringkuk diantara semak belukar (ben ora adem karepe) dan berusaha buat tidur (niat buat motret bintang kalah sama rasa dingin). Tapi kemudian yang lain dateng dan kita masak mie bareng2 (aku sih nunggu matengnya aja, udah dimasakin sama mas2nya, dan sempet bilang “Lha kok miene ra eneng rasane?” dan ternyata belum tak aduk, dan setelah di aduk, asine caaahhhh..... poooollllll).
Selesai makan kita berusaha buat tidur dan aje gile yang lain baru tergeletak 1 menit udah ngorok aku gak bisa tidur sama sekali (selalu saja... kalau ngcamp aku pasti gak bisa tidur, kasur mana kasurrr!!!!). Iya, kita beralaskan tanah dan beratapkan langit dengan taburan bintang!!! Kita tinggalkan kasur empuk dirumah, selimut hangat dirumah, pelukan istri dirumah #Eh, demi puncak Merbabu, ini keren!!!
            Oke aku berusaha tidur dan jam 01.00 WIB dini hari, pas aku lagi enak2nya mau terlelap udah pada gugah2 ngajakin lanjut. Gila, ini dingin dan ngantuk banget mennn!!!!!
            Ya udah kita packing dan jam 01.30 WIB kita capcus lanjut muncak. Aku yang tadinya udah sempet bangga dan agak sombong sama cowok2 yang sampe pos 2-ya belakangan. Tak kirain dari pos 2 sampe atas itu lebih mudah dari kaki bukit ke pos 2. Dan itu salah besar menn!!!!!
            Ini lebih jauh, lebih lama, lebih ekstrim dengan jurang2 yang lebih tinggi, tebing2 yang kemiringannya hampir 80o (bayangin miringnya seberapa dan naiknya gimana, merangkak meeennn!!! Dengan mengandalkan kekuatan tangan yang pegangan sama batu2 labil yang kalau lepas dari tanahnya kita bisa jatuh ke kurang dan batunya jatuh ke arah kita,  tanah2 yang berdebu, gila ini berat menn!!! Dan jangan kira jalannya itu lebar, enggak men, kiri kanan jurang dan lebarnya gak lebih dari 1 meter, 1 meter aja kayaknya kurang. Ampunnn.....
            Mataku ngantuk beraaaatttt!!!! Pengen turuuuuu..... jantungku rasanya mau njebrot, nafasku rasanya mau putus, kempolku rasanya mau meletuss. Aaaaahhhhh.....
            Kita terus merangkak dan tak terasa di ufuk timur sudah nampak guratan guratan warna jingga. Ah sunrise sudah mulai muncul dan aku belum sampe atas. Ayooo dikit lagi. Dan kita sampai di puncak kSyarif sekitar pukul 05.30 WIB. Aku langsung nyaut kamera dan ini!!!
Sampe lupa kalau semua settingan masih manual. Akhirnya dapet pick kayak gini, cahaya over. But, its okay!!!
Disana tampak puncak Kentheng Songo, puncak syarif dan puncak kentheng songo selisih 200 meter, dan tinggian kentheng songo. Gue harus kesana!!!
Gila, ini dingin total!!!! Coba kamu masukin tangan kamu ke frezer atau kamu pegang es batu selama 1 jam. Kayak gitu rasanya. Aku yang udah pake sarung tangan, jariku gak kerasa sama sekali, sakittt banget rasanya, kayak ditusuk jarumm!!!
Kita udah lapar bingit dan masak mie dulu. Mas – mas e sih sik masak, aku foto – foto wae :D


Sunrise di puncak Syarif, Merbabu
Aku dan Sunrise

Di atas awan menn!!!!

Cuma kita ber 6 (yang 1 motoin) yang sampe di puncak Syarif, gak tau yang 9 lainnya kemana, ketinggal :v

Setelah kenyang dan puas foto - foto kita capcus ke puncak Kentheng Songo. Keliatannya deket tapi ternyata jauh pake bingit!!!

Dalam perjananan menuju puncak Kentheng Songo
           Kita juga harus lewat jembatan setan, jembatan yang lebarnya cuma sekitar 0,5 meter dengan kanan kiri jurang dalam. Untuk ke puncak ketheng songo kita perlu merangkak naik dengan ketinggian hampir 90o (bayangin itu!!!) dengan struktur tanah berdebu, jadi kalau sepatunya gak anti selip ya bakal kepleset, nyemplung deh ke jurang.
Foto dulu di jembatan Setan, setannya manaa??!!!
Sampai puncak kentheng songo gue nomer ke 5 diantara 14 cowok rombongan kami. Kurang keren apa gueehh!!! (Sombong boleh kok :v). Gak peduli rasa capek, aku nyaut kamera dan disini viewnya keren!!!! Liat ini!!!!!

Dari Puncak Merbabu terlihat Gunung Merapi
Baru sadar setelah sampe atas, ternyata Merapi sama Merbabu itu tinggian Merbabu ya, keren aja guehh udah sampe Merbabu :D
Bukan cuma di atas awan, tapi di atas Gunung Merapi dan di atas Gunung Merbabu :D
Masih view Gunung Merapi dari Puncak Merbabu
Masih view Gunung Merapi dari Puncak Merbabu


         Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang ada kebun tehnya ==> Kebun Teh Tambi itu keliatan juga hlooo :D

Tampak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro
Disana juag terlihat puncak Menara, tapi kemarin kita gak kesana. Puncak Menara mah gak ada apa - apanya dibanding sama Puncak Kentheng Songo :P
            Dan bener kata Windra, kalau lewat jalur Selo pemandangannya bakal keren, ada padang ilalangnya. Tapi lewat Wekas pun aku tetep bisa foto di padang ilalang, nihhh kereennn kaaaann!!!
Arep foto ng kene ki ndadak nretek nretek hloo, ngisor wes jurang :D
Kurang keren apa :D

        Gak mau ketinggalan untuk mengabadikan keindahan pemandangan disini dan tentunya ada aku dalam bingkaian lensa, aku foto duluu :D

Yeaaaahhh!!!
Puncak Merbabu sudah saia takhlukan :D
          Tentunya kita foto bareng dulu, ini kenapa cuma ber 13, yang dua mana?? Yang dua ada di Batu Tulis (letaknya di atas pos 2) karena salah satu dari mereka udah ampunn ampun gak kuat naik. Dan gue sebagai cewek patut bangga bisa sampe puncak :D

Gue paling cantik, iyaaa... secara gue cewek sendiri :v
 Dari cerita tadi, elo bisa ngebayangin segimana susahnya naik ke puncak gak?? Gak bisa?? Ah bodo!! (ini aku belum cerita turunnya lho, kamu bayangin dari ketinggian 3215 mdpl, turunn dan lewat jalan tadi!!!! Rasa ora pengen bali. Rasane ora pengen mudhun. Tenan. Adohhh e lho nek ndelok ngisor kii... kaeee tooo!!!)
Tapi dalam perjalanan turun ada beberapa objek keren yang membuat tanganku gatel buat ngeluarin kamera. Nihhhh..... 
Pok Tunggal-nya Merbabu nihh!!!
Lereng Gunung Merbabu
Diantara dua cabang

            Intinya, perjuangan untuk sampe ke puncak itu gak gampang. Iya kayak hidup ini, perlu perjuangan, kesabaran, komitmen, menghilangkan rasa gengsi, semangat, dan yaaahhh.... banyak pelajaran yang bisa diambil dari “mendaki”.
          Ini luar biasa, pengalaman pertamaku mendaki (Setelah Sikunir lho), gue bisa sampe puncak dengan cemerlang dan cukup sekali ini aja naik Merbabu. Kapokkk. Sikilkuuu..... tapi kalau gunung lain ayokkk. Semeru??? :D
            

8 komentar:

  1. 9-10 November Muncak ke Lawu, Antara November akhir sampai Awal Desember Merapi (Pemanasan Semeru), Akhir Desember Semeru.

    Racun iki racun tenan. hahahahaha..........

    BalasHapus
  2. kowe kie pancen cewek keren og mut...josss tenan..marakke pengen...lanjutkan macomu mut...(y)

    BalasHapus
  3. Sok nek kamera ku dadi tak nyumbang sesuatu hehehehe

    BalasHapus