Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Sabtu, 09 November 2013

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tahun 2013



            Jambore Pemuda Indonesia tahun 2013 dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober – 2 November 2013 di Komplek Stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Alhamdulillah, kali ini aku mendapat kesempatan untuk ikut bergabung bersama ribuan pemuda dari seluruh 34 provinsi di Indonesia.
            Ikut serta dalam 5 pemuda dari Gunungkidul yang bergabung dalam 28 pemuda yang mewakili kontingen provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kebanggaan tersendiri. Kesempatan yang luar biasa dimana bisa ikut serta menjadi orang – orang depan mewakili seluruh pemuda DIY dalam mengenalkan dan menampilkan Jogja, dimana Jogja adalah kota yang terkenal dengan keistimewaannya, kebudayaannya, kota pelajarnya dan segala sesuatunya tentang Jogja yang luar biasa.
Peserta JPI kontingen DIY
Acara pembukaan JPI 2013 dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2013 sekaligus peringatan hari Sumpah Pemuda yang diikuti oleh seluruh peserta JPI dan tamu undangan dan dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Roy Suryo. Di dalam upacara ada penampilan devile tiap provinsi, tarian pembukaan dan dilengkapi dengan aksi Bapak Roy Suryo meluncur dari atap stadion serta pengibaran bendera terbesar di dunia (disiarkan langsung oleh TVRI). 
Devile Kontingen DIY spesial dengan punokawan (Dengan tanpa diduga oleh panitia, punokawan naik ke atas tempat Bapak Roy Suryo duduk dan menyerahkan bingkisan berupa wayang suket dalam bingkai, Jogja itu selalu memberikan gebrakan yang positif :)
Tarian di pembukaan JPI
Pengibaran bendera terbesar di dunia dan meluncurnya Bapak Roy Suryo (paling tengah)
Selama 7 hari disana dengan kegiatan yang sangat menarik, seperti berbagai macam seminar, latihan tanggap bencana, mengenalkan kerajinan masing – masing daerah, permainan daerah, stand pameran, penghijauan, pentas seni dan masih banyak lagi.
Salah satu seminar yang sangat menarik dan cara penyampaian yang interaktif : Seminar bebas Narkoba oleh Dr. Victor
Biasanya jadi fasilitator outbound sekarang di fasilitatori :D

Senam dulu biar sehat :)
Mengenalkan kerajinan daerah : Jogja, membuat wayang suket seperti yang dijadikan souvenir untuk Menpora.
 Selamat datang di Jambore Pemuda Indonesia 2013 (pintu masuk Stand Pameran)
Disela – sela jaga stand pameran, rajin memang :D

Dalam seluruh rangkaian acara ini, selain mendapat ilmu yang luar biasa, aku juga bisa bersilaturahmi dengan berbagai macam suku dan budaya se-Indonesia. Bagaimana tidak? Tanpa kita keliling Indonesia pun kita sudah bertemu mereka disini. Dan muncul ide gilaku sama mas Kecerdasan Buatan buat foto sama dimas dimas diajeng seluruh provinsi se-Indonesia. Dan yang saia pajang disini itu beberapa aja yaaa... yang aku keliatan cantik aja (padahal gak ada yang cantik -__-)
Dimas diajeng Jawa Tengah (pake strip kuning loh ini motretnya :D). Tapi gimana perasaanmu kalo liat foto ini? Aku yang kurang tinggi atau mbak Febriana yang kurang pendek? -_-
Foto by : Kecerdasan Buatan alias Pak Guru Sidik Kasiyanto :D. Pake strip merah loh ini motretnya :D
Ini keeren!!! Mbak e yang keren, bukan aku :D (Foto by : Kecerdasan Buatan)
Paling kanan itu siaapaaaa?? Penampakan?? :D (Foto by : Kecerdasan Buatan)
Lagi lagi ada pertanyaan, aku yang kurang tinggi atau mbak e yang kurang pendek? -_- (Foto by : Kecerdasan Buatan)
Bersama dimas diajeng DIY. Pie mas Jhody nek ngene ki?? (Foto by : Kecerdasan Buatan)

Cantik itu relatif :) (Foto by : Kecerdasan Buatan)
Diapit punokawan :) (pake strip kuning loh ini :D. Strip merah sama strip kuning itu yang tau cuma fotografer aja :D)
            Setiap malam, secara berurutan dan bergantian, pemuda – pemuda dari kontingen per-provinsi menunjukkan kebolehannya dalam menari, menyanyi dan bakat – bakat mereka yang luar biasa. Sedangkan aku yang tidak mempunyai darah penari atau  penyanyi, maka aku ikut berpartisipasi dengan cara lain, yaitu melukiskan mereka dengan cahaya.
Dan ini liputannya, penampilan pentas seni 34 provinsi se-Indonesia. Tapi karena keadaan dan kondisi dimana aku ada jadwal jaga stand pameran, jaga tenda dan jadwal mbibik mas mas ganteng maka gak bisa motret semua penampilan. Monggo disimak....
Tebak ini tarian dari provinsi mana???
Masih satu paket sama yang diatas
Kalau ini tau kan?? Yap, Aceh
Gak asing sama tarian ini dong, Tari saman. Liat langsung tari saman itu keren bangettt lohh!!! bikin mlengee.. gerakane cepet bingittzzzz
Syewek syantik dari mana ini? :D
Syewek syantik lagi... Jangan heran kalau hasil jepretan saia banyak foto syewek syewek syanteknya, soale kalo motret cowok, takutnya aku ndak naksir sama cowok itu :D
Gak asing banget dong sama tarian ini.... Bali!!!
Njedit dan mata yang plerok - plerok, khas Bali :)
Cak...cak....cak...
Tebak ini dari mana??!!!
Kakak syanteekkk lagiii, warna kostumnya keren kaann?!!!
Yihaaaa..... kak, jadi modelku mau kak?? :D
Mirip siapa coba?? Syahrini?? :D
Tebak ini tarian dari provinsi manaaa???
Kakak ini mirip di film Kian Santang itu yaa :D
Kakak  manissss, dari Maluku Utara :D

Wajah bertopeng dari Jakarta

Masih sama yang diatas, Jakarta dengan assesorisnya yang khas
Mbak e ini keren... Nama alat musik yang dipegang ini apa hayooo?!!

Syewek syantik dari mana cobaa kalo pakeannya kayak gini???
Yak yang kepanasan minta kipasin sama kakak syantek yang satu ini aja :D

Tebak ini dari mana... Jawa Tengah??

Kakak Syantek dengan jariknya :D

Yok yang pengen nari bareng sama kakak syantek ini :D
Mas e Kalimatan :D

Hiyakk vrawan Kalimatan iniiihhh
Kakak syantek ini sadar kamera bingitzz yaaa... lirikan matanyaaaa...

Ini kakak syantek apa kakak ganteng?? :v

Sadar kamera lagi :D

Ini vrawan kalimantan juga hloo. Vrawan kalimantan emang syantek syantek yaaa :D

Wainii..... Jogjaaaaa....... (Mereka cinlok lohh... cie cieee... )
Jogjaaa... ISTIMEWA!!!!

Kakak unyu ini wakil dari ASEAN, gemes yaaaa
Kakak syantek lagi.....

Kakak Syantek lagii.... banyak syekali kakak syanteekkk.... mas mas syantekkk kayake juga banyak :D

Nah... ini dari Sumatra Selatan....

Su.... matra... su...su.. matra... (Yel yel anak2 sumatra selatan, Mukhlis sama Gaza gimana kabarnya yaa :D)

Naahhh.. bilolist yang satu ini yang jadi idola anak2 cowok dari Jogja, Reginaaaa....

Tau dong ini dari mana!! Syewek Banten... ampun mbak :D
Duhh... sirahmu maasssss

Aduh massss..... tanganmu kok disayat2. kayak hatiku yang disayat2 sama dia masss!!!

Syewek unyu ini....

Tebak ini dari mana??

Digoyaaangg.. yihaaaaa

Kakak syantek dan juga sangarrrr

Kakak ini syantek dan sangar juga :D

Aawas mbakk, pecah lohh ngkooo.. hancur berkeping2 hlo ngko, koyo atiku -__-

Tau ini tarian dari mana??

Tari Piring???

Kakak syantekk lagii, ini mirip sama Kaprodi ku :D

Gimana.... keren bukaaann??? Ini baru toto2-nya. Kalau liat langsung, wowww... bikin mlenge gak bisa mingkem. Disini, didepan panggung ini, aku baru benar - benar sadar, dibalik Indonesia yang marak dengan korupsi dan kacau balaunya, keanekaragaman budaya Indonosia itu luarrrr biasa. Keren!!!
Setelah semua provinsi selesai pentas seni pada malam kedua terakhir, dilanjutkan dengan acara api unggun.
Api unggun dinyalakan, kalo api cintamu gimana kabarnya?? Masih nyala? Atau malah udah padam?
Berkobar, membara, lalu mati, menjadi abu, diterbangkan angin dan hilang. Seperti cintamu. Ah sudahlahh....
Malam terakhir disana cukup luar biasa, grup band yang cukup terkenal, Zigaz mengguncang Samarinda. Syahdu ketika kak Zian nyanyiin lagunya yang berjudul Kenanglah.... (temen2 yang cinlok di JPI pada ngandeng pasangannya dan aku ngandeng pacar pertamaku, D90. Ya udah sih seneng aja..... Ku terlelap dalam rasa, dalamnya apa pun kian terasa, air mata dan kepedihan hati mengisi hari-hariku tanpamu. Jiwa yang amat berduka terderai tetes air mata..... *nangis uang seratus ribuan*
Malam penutupan
Ziaaaaannn!!!
Mas bassist, manis :3
Mas gitarist, unyuu :3
Dan ketika ada pertanyaan,”Apa yang kamu dapat dari JPI?”
” Saudara, pengalaman, ilmu dan ini.....

Slayer batik banten lohh, spesial dari kang Agus :D
Juga bisa ngerasain gimana rasanya naik pesawat :v. Jebul numpak pesawat kui ora penak. Medeni, aku kapok :|

Oh iya, dan foto - foto syewek - syewek syanteekk.... nihhh...
Diajeng DKI Jakarta
Diajeng DIY, pie mas Jhody>??? :D
Srikandi, Jawa Tengah
Vrawan Kalimantan
 Yang paling berkesan di acara ini adalah sepulang dari Kalimantan, ada banyak sms dan juga chat (karena kemarin disana kita tuker2an nomer hape dan juga alamat fb). Ada aja sms/chat, "Kamu itu yang pake kebaya ijo kan? Yang suka motret acara pensi itu kan? Satu2nya fotografer cewek."
Dan satu lagi, cuma di Jambore Pemuda Indonesia tukang foto dimintain foto bareng. Cuma di JPI ada banyak orang yang ngajakin foto aku. Apalagi pas pake kebaya, puluhan orang ngajakin foto, udah kayak artis gitu. Nah, yang menarik itu aku atau kebayanya? :D
Padahal kalo gak pake kebaya dan gak mandi 2 hari, mukaku kayak gini..... :D
Si buruk rupa dan si cantik -__-. Pie perasaanmu nek ngene ki??
 Ada lagi yang berkesan, pas lagi jalan sendiri dari tenda mau ke stand (jaraknya sekitar 500 m) tiba2 di panggil sama sekumpulan mas mas yang salah satunya bilang gini,"Mbak boleh minta foto bareng?! Mbak e ini kayak e suka manjat, anak PA ya? Bla...bla...bla..."
Bersama para climbers, manjat manjat!!! Aku manjat hatimu bolehh?? :D
Pertanyaannya, aku cocok kalo macak anak PA atau macak feminim dandan gitu?? Masalahe terus aku dikira punya kepribadian ganda, waduhhhh.... :v

13 komentar:

  1. Caramu nulis genit tapi manis, ceritamu indah tapi gemesi, poto-potomu keren tapi mbikin ngiri, pengalamanmy hebat tapi bikin sekarat ... (bodohnya lelaki yg ta memilihmu bahkan malah melukai hatimu xixixixi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarnya luar biasa, maturnuwun :)

      Hapus
  2. wweesshh...pancen hebat njenengan mbag mut, langsung bisa lihat "vrawan kalimantan" sing asli
    kene maah trimo nyetel mp3 seg, wkwkwk
    #Joooosss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.... rino wengi tansah kelingan, prawan ayu kalimantan :v

      Hapus
  3. Selamat bergabung dengan PPMI, selamat berkarya. Maaf tak bisa membuatmu bahagia, semoga kesempatan yg kami berikan ini mampu memberimu pengalaman berharga.

    BalasHapus
  4. kereen mbk mutiii :D
    selamat berkarya lagi yaa, keep posting lohh :D

    BalasHapus
  5. Wah, pertunjukkan dari 33 propinsi? Ada debus juga. Ngeri... :D

    BalasHapus
  6. ternyata peserta dari DIY ya, yg LO nya si Uda Meier dan Lidia.. fotonya mantapphh..

    BalasHapus
  7. wahh psti seru yah ikut JPI, jdi pengen :)

    foto-fto tteh jga bagus-bagus lgi.., seneng liat nya. heee

    BalasHapus
  8. Ternyata ikut JPI Kaltim jg ya sampeyan?
    Kok gk prnah keliatan d TKP??
    Apa malu sama pemirsa? :D

    BalasHapus
  9. Kereen.... JPI 2013 Kalimantan Timur the best. Mutia juga the best udah abadiin momen sekeren ini, o ya ada foto perwakilan masing masing provinsi pas naik keatas pentas ga? Pas malam penutupan?

    BalasHapus