Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Selasa, 06 Januari 2015

Cemoro Sewu – Puncak Lawu – Cemoro Kandang, muncak paling Ugal-ugalan


1 Januari 2015
Selamat tinggal 2014 yang penuh kenangan bersamamu, terimakasih untuk kenangan manis, pahit.... dan semua adalah pembelajaran hidup. Selamat, semoga selalu bahagia, wahai Sang Pembunuh Mimpi...

Selamat datang 2015 yang penuh petualangan....

Banyak pertanyaan “Dek Mutiyaa malem tahun baruan kemana?”. Yeah, itu modus mau ngajak jalan. Ada yang ngajak liat kembang api, ada yang ngajak muncak ke Merapi, ada yang mau main ke rumah, ada yang ngajak ketemu orang tuanya, ada yang ngajak muter2 ngak jelas terus cuma kena macet, ada yang ngajak entahlah.... dan karena bingung mau pergi kemana dan sama siapa, akhirnya di rumah aja, ngumpul sama anak2 kampung. Bakar ayam sama karaokean sampe pagi, kayak gini nihh (semalem cuma tidur 3 jam -_-)

Dek Rovico yang hobi muncak, dia itu berondong yang unyu banget. Jadi pengen macarin hahah :P
Behind the scene.... (Seminggu sebelum malem tahun baru) Udah sepik2 sama mas Surya (mas Pejuang Muda) biar dibolehin gabung temen2nya yang ber-12 (belum kenal semua) muncak Lawu gaess!! Niatnya sih  motoran sendiri, soale gak mau mboncengin aku sejak negara api menyerang (yaudah sih gakpapa, wani dewe kok :D).

Behind the scene.... (Sehari sebelum muncak) Ada Eh ada temennya temenku (jadi ya baru aja kenal, kenalan mas *salaman* Mutiyaa...Bowo....) pengen ikut gabung juga (yaudah bonceng mas Bowo aja). Dia main ke rumah, ngobrol2 tentang gunung,“Besuk di kasih tau temen2mu yang cewek, kalo pas lagi dapet gak boleh muncak Lawu, ada cerita lho kalo lagi dapet muncak Lawu itu dibingungin.” Asem, kok diweden2i.

Denger2 emang Gunung Lawu itu masih mistis. Aku langsung mikir, jangan2 besuk pas lagi dapet. Dan menjelang subuh itu, jeng jeng.... Yeah guweh kedatangan tamu. Langsung aku sms mas Bowo dan dia bilang terserah aku, kalau aku yakin pasti bisa. Yeah... aku gak mau dong rencana muncak ke Lawu gagal gara2 aku percaya mitos begituan. Yang penting doa sama Allah aja, Tuhan... izinkan aku mengagumi kebesaran-Mu di puncak Gunung Lawu, kataku dalam hati....

Singkat cerita... udah otw... Dulu sih udah pernah lewat sini, pas mau ke Telaga Sarangan. Hujan-hujanan, pake trail lagi, ashoy gitu, jalanannya sepi.

Sebenarnya baground-nya itu puncak Gunung Lawu, tapi kabut, jadi gak keliatan deh :(
Tapi gaess... sekarang beda!!! Rute yang sama dengan volume kendaraan yang berbeda. Mulai memasuki daerah Tawangmangu jalanan macet parah. Gak maen di daerah sendiri di Gunungkidul biar gak kena macet, eh kena macet di Karanganyar -_-

Setelah berpacu diantara bau kampas mobil-mobil yang kebakar, baunya kayak ketek yang gak dimandiin 1 minggu....

Kata mas Surya, dari ber-12 selain aku dan mas Bowo kebanyakan masih newbie, jadi kita mendaki lewat Cemoro Sewu. Mas Bowo sih juga nyaranin lewat Cemoro Sewu aja, apalagi kalo musim hujan kayak gini (Mas Bowo sih udah pernah muncak 2 tahun yang lalu).
Foto dulu dong di pintu masuk :D
15.00 WIB.... pendakian dimulai...
Berhubung belum kenal banget, Dek Mutiyaa yang biasanya berisik banget sekarang cuma diem, yang lain ketawa2 bercanda2, dek Mutiyaa cuma diem. Mas Bowo yang baru aja tak kenal juga cuma diem (sepertinya memang orangnya pendiam).

Baru berjalan sekitar 10 menit, aku sama mas Bowo udah duluan dari rombongan. Boleh juga ini masnya... (yang lain bentar2 istirahat kita terus jalan), aku sama mas Bowo nunggu di pos satu ( Jalur Cemoro Sewu itu pos banyangannya banyak, ada 9 kayaknya).

Setelah kumpul jadi 1, kita lanjut lagi. 5 menit jalan aku sama mas Bowo udah duluan lagi, nunggu, duluan lagi, dan akhirnya kita mutusin buat duluan.

Hari mulai gelap.... kita nyalain senter masing2. Tidak banyak kalimat (belum begitu kenal juga, tapi pasti nanti pulangnya bakalan makin kenal). Ikutlah aku mendaki, maka kamu akan tahu sifatku, ikutlah aku mendaki, maka kamu akan tahu bagaimana aku menjagamu, manisnya kalimat pendaki.

Hanya terdengar hembusan nafas, derap sepatu yang menapak bebatuan dan gemerincing lonceng yang terkait di tasnya mas Bowo. Perjalanan kita diiringi suara pohon2 yang berdesis dimainkan angin dan binatang malam, entah binatang apa. Dan disitu aku mulai merasakan, apa yang pernah dibilang orang, jika kamu peka, kamu pasti akan merasakan bedanya mendaki Gunung Lawu dengan gunung-gunung yang lain.

Barang bawaanku sih gak banyak, cuma pake tas ransel, paling cuma 30 kg dan mas Bowo bawa 3x lipat barang bawaanku, duh berat banget. Di pertengahan pos 2 menuju pos 3 aku gantian bawa tas sama mas Bowo, muncak bareng berat sama dipikul ringan sama dijinjing dong, kataku. Itu aja aku maksa pengen bawa, gek mas Bowo-nya keliatan gak tega gitu liat aku bawa berat. Aku sih mesem aja, santai mas :D

Lewat pos 2 dan pos 3 aku mulai santai. Alah, track-nya cuma kayak gini, ini mah santai. Eh, ternyata aku terlalu menyepelekan, track dari pos 3 ke 4 itu lumayan panjang dan nanjaknya heuh. Gak cuma segitu, cuaca mulai tidak bersahabat, hujan gaesss, hawa dingin mulai merasuk ke dalam tulang. Nafas engap tapi kalo kelamaan istirahat jadi dingin badannya. Gak  papasan, disalip atau nyalip pendaki yang lain (Sempet dikecoh sama sosok orang yang mirip si Om, temennya mas Surya. Hmmm.... Cuma diem dan mbatin aja, aku percaya, ada makhluk lain ciptaan Allah selain manusia).

Iya, merasakan bedanya mendaki Gunung Lawu dengan gunung-gunung yang lain.

Dalam perjalanan tiba2 mas Bowo bilang, “Kalo  kamu bisa sampe pos 4 tak ajak ke Semeru.” Weh, belum tau dia, oke siap buoss!!!

Oke, naik Gunung itu juga di PHP. Mas pos 4 masih jauh mas?  | Bentar lagi, 2 tikungan lagi | Gile aje, dari tadi 2 tikungan terus gak sampe2 -_-.

Gini, kalo dibilang kayak gitu, nafsu buat segera sampai di pos 4 itu memuncak, hal itu berpengaruh pada rasa ingin segera sampai dan membuat terburu2, maksa kaki yang harusnya istirahat sebentar atau berjalan dengan irama malah terus melangkah dan malah gak kuat nanti.  Ilmunya gini, ketika kamu sudah melihat apa yang indah di depan sana, biasanya kamu akan terburu2 ingin segera mendapatkan yang indah itu. Karena terburu nafsu kamu mengambil jalan pintas dan akhirnya salah. Jadi, jalani saja, ikuti proses, berproses dengan baik, berjalan yang memang di jalannya dan kita akan sampai di tempat yang indah itu. Seperti mendaki, jalani dan nikmati, berjalan sesuai irama tetapi tetap diusahakan dan kita akan sampai di puncak. Seperti halnya kita menjalani, menikmati dan mengusahakan untuk mendapatkan keindahan itu.
Biarlah Edelweis tetap pada gunung untuk melengkapi keindahannya dan biarlah takdir tetap pd Tuhan #IlmuDariMendaki..


22.00 WIB....
Sampai pos 4. Mbak naik jam berapa? | Jam 5 mas | Wew udah sampai pos 4 aja | *nyengir* ugal-ugalan kok mas :D.
Doom udah terpasang rapi. Yeah kopi rasa sarimi, tau kan maksudnya? :P. Terdengar di atas sana hujan badai. Hujan deras. Tidak bisa tidur nyenyak. Pengalaman pertama muncak pas musim hujan dan pengalaman pertama kena badai. Cuma bisa berdoa. Ya Allah, jaga kami....

23.00 WIB.... rombongan mas Surya dan ke 4 temannya sampai di pos 4.

Rencana mau  jam 03.00 WIB kita mau muncak ngejar sunrise, tapi badai belum juga reda. Hujan deras, air sempat masuk ke dalam doom. Basah dan dingin. Dan lanjut tidur.

07.00 WIB....Bangun... masih kabut, gerimis dan hawa dingin menusuk kulit.

08.00 WIB.... Cercah-cercah cahaya matahari mulai menerobos di sela-sela kabut. Kabut tersibak dan langit menampakkan warna birunya yang syahdu, sang mentari tersenyum. Aku keluar doom dan menyaksikan hamparan karpet berbahan awan putih, di bawah sana, terlihat empuk dan lembut. Tuhan memang luar biasa....
Selamat pagi manis... sapaan dari masnyek waktu di padepokan jaman KKN :D
Di atas awan (mukanya gelap, piye sih sik motoke orangarahke, jare fotografer :P)
Biru itu syahdu men!!!!
Nah ini, mosok le motret aku peteng kabeh
Dan di beda tempat, ternyata mas Bowo punya spot yang lebih ashoy, liat nihh....
Kurang keren apah?
Foto sik gaess!!
09.00 WIB.... awan gelap datang, kabut menyelimuti lagi dan hujan turun lagi dengan derasnya. Haduhhhh.... yaudah balik tidur lagi.

10.00 WIB...  7 orang rombongan terakhir muncul. Cerita2, ternyata semalam mereka tidur di pos 2. Setelah ngobrol bntar aku lanjut tidur lagi (muncakku kali ini kakean turu :D).

Dalam tidurku terdengar suara mas Surya manggil2, Mut.... Mut.... (tak kirain ngimpi). Eh tau2 dia udah gedor2 doom ngajak muncak. Mut cerah, ayo lanjut | *kucek mata* asem lagi turu penak2 e :P

Dan kegilaanku sama mas Bowo muncul. Gimana turun lewat Cemoro Kandang? Berani? | tracknya gimana? | Enak, berani coba? | oke. Iyaapp.... akhirnya aku sama mas Bowo ijin sama temen2 buat turun lewat Cemoro Kandang, dan rombongan mas Surya pilih lewat Cemoro Sewu lagi. Oke... packing dan cuzzz puncak.
Bawa segini nih
Foto di tebing curam sebelum muncak
15 menit sampai puncak, kata mas Bowo. Ternyata guweh di-PHP lagi. Gile aje 15 menit, masih tracking gini. Eh tapi asik juga, mampir di warungnya Mbok Iyem (Pendaki pasti kenal sama warung ini, mie ternikmat sepanjang sejarah dunia persilatan hahaha :D, seger pakdhee). Tadi sih mau muncak kerasa nggliyer gitu, ehh ternyata cuma laper aja, padahal juga udah makan. Resiko ngelihan :D
Di sampingnya warung Mbok Iyem ada kayak padang savana gitu :D
Jalannya sih enak banget kayak gini terus aja :D
Dan naiknya pun tetep badai, yaudah jalani aja, berdoa semoga selamat....
Pas naik sih sempet dapet cuaca yang ashoy. Telaga Sarangan keliatan men!!!
Telaga Sarangan dari Gunung Lawu
Dulu foto dengan baground Gunung Lawu, sekarang foto dengan baground Telaga Sarangan. Whohaaa.... ini keren!!!!
Kalo cerah gini bawaannya pengen foto terus
Nih diatas awan loh gaess!!!
Jalan yang bikin ayem nihh
Hai...
Mampir di sendang dulu, ada banyak sendang tapi lupa namanya. Sendangnya ditaburi bunga mawar tuhh
Ini mirip jalur Semeru yang samping Ngoro-oro Ombo :D
Track menuju puncak ternyata gak berhenti di keindahan itu. Ini track sampai puncak. Gile bener, hampir 90  mamen!!!
Duh dhuwure
Udah jam 13.00 WIB, dan aku Cuma nanjak pelan, gak ugal2an kayak tadi malem. “Pos 4 itu ibarat cita2mu dan puncak adalah karirmu. Kamu udah dapet cita2mu dan kamu tinggal mengejar karir,” Kata mas Bowo. Sok bijak banget ini orang :P

Aku terus melangkah.... Tiba2 mas Bowo nyuruh aku diem, kirain ada apa. Kamu denger sesuatu? | *masang telinga* maklum, aku orangnya gak ngeh-an, suka ha he ha he. Ngomong harus diulang2 kalo sama aku heuheu :D. Iyap, aku denger suara kelebak bendera. Udah mau sampai puncak.

Dan akhirnya... kelelahanku yang sangat terasa, kini musnah sudah. Senyum cerah merekah di bibirku saat dua bola mataku melihat tugu berwarna hitam menjulang tinggi, di atasnya terpasang sang merah putih dengan gagahnya, berkibar diterpa angin.

Subhanallah.... makasih Tuhan. Serta merta aku langsung meluk tugu sambil teriak2 kayak orang gila. Gak peduli orang2 di sekitar :D *heuheu, keren ahh.

Tangan langsung nyaut kamera dan gak sabar pengen foto. Ceritanya, pas di dalem doom nunggu hujan reda tadi, aku bikin tulisan2 yang bikin mas bowo bilang aku itu lebay.
Kayak gini nihh....
Kamu dapet salam dari Puncak gunung Lawu 3275 mdpl
Dek Mutiyaa udah sampe Puncak Lawu, kamu kapan??
Ini lho yang paling ashoy
Makasih ya Allah, biarpun jomblo tetep bisa sampai Puncak Lawu :D
Karena di atas badai hebat, kita cuma sekitar 15 menit di atas dan memutuskan untuk turun. *Hampir 30 menit muter2 nyari jalan turun lewat Cemoro Kandang, mas Bowo-nya udah lupa. Sampai tanya2 sama orang. Sempet tersesat juga dan balik ke jalan semula.

Nah, dari situ aku mulai gak yakin mau lewat Cemoro Kandang. Ini orang beneran tau jalan nggak sih, bisa2 kesasar deh. Dan ya udah percaya aja deh. Mau gimana lagi.

Kita menyusuri jalan dan petunjuk yang ada. Hujan, berkabut, dan kita turun....

Sumpah, ini adalah pengalaman pertama, paling gila, paling ugal-ugalan, paling uewaaahhh pokoknya. Pulang dalam cuaca kabut, hujan, jalannya beda sama pas berangkat, belum tau jalan yang pasti. Dan Jalur Cemoro Kandang adalah jalur yang banyak jalan tikusnya alias banyak cabangnya. Ya Allah, disitu cuma bisa berdoa, semoga selalu dalam lindungannya. Dan karena hujan, jadi gak memungkinkan mau ngeluarin kamera buat foto2, ngejar waktu juga biar sampe bawah sebelum gelap (Dek Mutiyaa yang biasanya narsis, bentar2 foto, di perjalanan turun sama sekali gak kepikiran foto2, yang penting sampai bawah dengan selamat).

Beda... beda banget sama Cemoro Sewu. Kalau mendaki lewat sini bener2 mendaki yang sesungguhnya. Tidak ada tangga batu yang tertata rapi seperti Cemoro Sewu yang jalannya mirip gunung yang deket dengan rumahku:D.

Jalurnya memutar, tebing curam. Dan sampai di pos 5, ada in memoriam. Dimana disitu aura tiba2 membuat bulu kudukku berdiri. Aku dan mas Bowo berdoa untuk 2 nama yang terukir di batu in memoriam, kami memetik bunga dan meletakkannya di atas batu itu. Semoga mereka tenang di alam sana. Mereka yang berjuang, mengabarkan keindahan ciptaan Tuhan.

Lanjut jalan.... Jalur  Cemoro Kandang membuatku bernostalgia dengan  track Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Ranu Kumbolo... ada banyak kemiripan. Ada sumber mata air juga dan aku sempet minum dari sana :D

Dari pos 4 cahaya alam mulai meredup, hari mulai gelap. Hujan turun dengan derasnya. Jalur semakin susah, licin, tanah lumpur. Tadi mikir, dari puncak sampai pos 4 jalannya oke, mutar gitu, gak ada turunan tajam. Eh ternyata, dari pos 4 turun kebawah, ampun2.

Ini jalur gila.... turunan tajam, licin berlumpur, ada sisa tebing yang longsor juga, semak belukarnya tinggi2, pohonnya besar2. Sampai sekarang kalo ngebayangin, udah angkat tangan. Sekali itu aja lewat jalur Cemoro Kandang pas musim hujan.

Lelah, kaki sakit, laper, haus, bawabarang berat, gelap, jalan licin, hujan deres, kabut, dan disitu aku ngerasa takut banget. Cuma bisa berdoa. Dan dari pos 2 ke 1 ketemu pendaki berjumlah 4 orang. Jempol buat mereka, dan hatiku serasa clesss ketemu pendaki yang lain. Takutnya salah jalan gitu.

Dari pos 1 ke basecamp ketemu 1 rombongan lagi. Duhhh adem ayem atiku. Lega bangetlah pokoknya.

Denger suara motor di bawah sana, liat lampu yang berpijar di bawah sana. Alhamdulillah ya Allah, ketegangan selama berjam-jam akhirnya sampai juga di basecamp Cemoro Kandang.

Cemoro Kandang itu masuk ke Jawa Tengah, Cemoro Sewu masuk ke Jawa Timur. Dan jaraknya gak terlalu jauh, jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki. 

Yeaha... 5 jam perjalanan turun. Ugal-ugalan. Gak pake istirahat lama2. Soale kalo istirahat lama2 kerasa banget horornya. Gelap. Sepi.

Dan dalam perjalanan menuju basecamp Cemoro Sewu, dalam keadaan badan yang penuh lumpur, basah kuyup, muka penuh kotoran, aku bisa ketawa, menyusuri jalan raya sambil teriak2 kayak orang gila.

Gak nyangka, ternyata kamu itu cewek gila. Tak akui, fisikmu jos, cara mendakimu hebat jarang  ada cewek kayak kamu, aku malah minder | Terimakasih atas petualangan yang keren ini, ini muncak paling ugal-ugalan dan paling menengangkan. Ngalahin replingan dari atas tebing pokoknya :D

Saking gak tahan dinginnya, karena masih hujan deras, kabut tebal, cuma ganti baju dan langsung otw pulang. Sempet nggembel tidur di pom bensin sampe akhirnya gantian bawa motor.

Tak tunggu Semeru-nya dan makasih loncengnya :D

2 komentar:

  1. ahhhh mbak yg satu ini emang bikin gemes...ndaki keren mbak mantap josh hahaha

    BalasHapus
  2. Iiiiiiiiiihhhhhhh..... kereeeeennn, mba yg satu ini mntaaap bnget muncaknya.. bikin saya ngiri so excited, pokok nya pst giluran saya... josh bnget petualngannya.. ::v :v

    BalasHapus