Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Selasa, 12 Februari 2013

Jembatan Gantung Gembyong


            Pernah liat jembatan gantung yang alasnya cuma pake kayu terus samping – sampingnya cuma diikat pake tali besi warna kuning gitu gak?
Jembatan Gantung Gembyong



Nah, jembatan kayak gitu juga ada di Dusun Gembyong, Desa Ngoro – oro, Patuk, Gunungkidul (Desaku kuih cahh... :D tapi lumayan jauh juga dari rumahku). Jembatan itu adalah jembatan penghubung antara Kabutapen Gunungkidul sama Sleman, jadi letaknya di perbatasan dua kebupaten itu.
Jembatan dilihat dari bawah, tinggi juga ya.... kebayang gak kalau tiba – tiba jembatannya putus!! Kayak di final destination gitu.. hiii....
            Tapi banyak juga loh warga yang lewat jembatan ini pake motor. Ada yang sendiri, ada yang boncengan, ada juga yang bawa rumput pakan ternak gitu. Dulu pas pertama kali liat, apa gak takut gitu ya? Padahal kalo aku jalan sendiri diatasnya aja jembatan itu udah goyang – goyang ke kanan dan ke kiri gitu. Dan kalo jalan di atas jembatan itu terus lihat ke bawah, waduwww.... dalem banget, jadi mbayangin yang serem – serem, gimana jal nek jatuh ke bawah sana? Padahal dalem gek bawahnya batuan semua.
Terus ngerinya pas aku lagi ditengah – tengah jembatan dan diseberang sana ada motor yang mau nyebrang, yeaaahh... aku harus mepet – mepet pinggir jembatan biar gak kesenggol, dan pas dilewati motor itu jembatannya goyang – goyang, kebayang kan seremnya?
            Tapi muncul rasa penasaran pengen nyobain nyebrang jembatan itu pake motor. Dulu pas pertama nyobain aku cuma bonceng, lha kalau pas bonceng malah ngeri bangettt!!! Gak percaya sama yang didepan sih. Terus aku nyoba nyebrang sendiri, gak ngeri – ngeri banget sih, yang penting fokus aja. Pesenku buat yang belum pernah lewat, tetap fokus sama apa yang ada didepanmu, jangan malah tengok kanan kiri, dan jangan coba – coba lihat ke bawah.
             Dan satu lagi, kalau mau nyebrang pake motor, tunggu dulu motor yang ada didepanmu (yang udah nyebrang) sampe di ujung jembatan, soalnya kalo gak gitu, jembatan masih goyang – goyang dan susah buat jaga keseimbangan. Terus perhatikan juga diseberang sana, jangan sampai gak tau kalau ada motor dari arah lain yang mau nyebrang, takutnya kalau ketemu di tengah – tengah jembatan. Jal mau gimana, soalnya jembatan ini hanya bisa dilalui 1 motor aja.
            Banyak juga para pengunjung lokal datang ke jembatan ini untuk sekedar foto – foto (ada yang pacaran disini -_-‘’). Memang di lokasi ini gak cuma jembatannya yang bagus, tapi juga sungainya yang bisa buat keceh (kalau pas gak banjir loh). Dan satu lagi yang menarik adalah di sungai ini ada air terjunnya.
Letaknya di bagian hulu sungai ini, dibagian hilir pun katanya juga ada dan lebih bagus. (Tapi meskipun udah 5 kali ke jembatan itu tapi aku belum pernah turun ke air terjun yang satunya, next time ya...)
Air terjun pas sungainya banjir

                                                       Air terjun pas gak banjir





Pas musim kemarau pun air terjun ini tetep ada walaupun air yang mengalir hanya sedikit. (yeah... ada penampakan, tetep gaya, “dua anak lebih baik” kesel le ngetokne soale, mwihihihik... :D)
Sudut – sudut sungai ketika kemarau, tetep cantik.




            Untuk ke jembatan ini bisa lewat Desa Ngoro – oro atau bisa juga lewat perempatan Munggur, Piyungan (ke arah timur). Jalan menuju jembatan ini memang cukup membuat jantung dag dig ug, banyak turunan dan belokan tajam, tapi tenang, jalannya udah dicor blok, meskipun begitu, kalau pas hujan harus hati – hati karena licin banget, bisa – bisa kepleset deh. Aku aja yang udah berkali – kali lewat sini masih was was kalau tiba – tiba rem blong, aduh gak kebayang dehhh....
            Tempat ini memang sudah dalam tahap perencanaan untuk dijadikan lokasi wisata oleh pihak desa, tapi untuk perkembangannya aku juga kurang tau. Tapi kalo menurutku, dibuat desa wisata gitu keren lohh!!! Dibikin wahana – wahana outbound kayak flying fox dan sebagainya gitu. Disekitar jembatan ini juga banyak sawah – sawah yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan desa wisata.
            Tempat ini juga merupakan spot yang cukup keren untuk foto – foto.
bisa buat foto narsis kayak gini nihhh

juga bisa buat foto couple atau prewedding. Jangan salah, banyak lho yang ngambil spot disini buat foto prewed.
Aku juga gak mau ketinggalan dong buat mengabadikan aku di jembatan ini dalam lensa. Tapi cuma satu foto ini yang mendingan dan  gak bikin orang yang melihatku pengen muntah. 
cieeehhhh....
          Tempat yang masih asri, dan bisa menjadi salah satu referensi untuk jalan – jalan. Semoga para pengunjung bisa menjaga kebersihan tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kasian sungainya :)
Ada air terjunnya juga lohhh disini, simak deehh!! ==> Air Terjun Gembyong (Curug Gedhe)
Salam lestari :)

3 komentar:

  1. nek asat apik mneh lho,, iso tkn medun,, ono tempat air terjun sek gde,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan mas widi :) ==> http://mutiaky.blogspot.com/2013/03/air-terjun-gembyong.html

      Hapus
  2. nice,, kemarin sabtu smk 2 kesana nanem pohon,, gembyong keren kok, I LOVE PATUK :)

    BalasHapus