Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Minggu, 14 Juli 2013

Aku dan Impian Terbesarku



Tulisanku kali ini agak frontal yaaa, tapi sekedar berbagi pendapat dan memotivasi diri sendiri aja sih :)
            Apakah kamu punya mimpi?
Apakah kamu pernah bermimpi? Apa mimpimu? Jangan dijawab pernah dan mimpi basah -__-
Setiap orang pasti pernah bermimpi. Meskipun hanya mimpi dalam tidur. Kamu belum pernah bermimpi? Berarti kamu belum pernah tidur? :P
Padahal, bayi aja, bayi yang ada di dalam kandungan sang ibu pun juga sudah bermimpi loh!
Kalau aku sih sering banget bermimpi. Memimpikanmu dalam setiap tidurku mas #eaa ;)
Tapi ini bukan soal mimpi dalam  tidur, melainkan mimpi dalam hidup. Anu... mimpi dalam hidupku adalah memiliki kamu mas, tapi gak kesampean #DuhMas. Eh kok gak focus -__-
Setiap orang pasti punya impian, punya harapan, punya cita – cita. Tapi aku sendiri kalau ditanya mimpimu apa? Harapanmu apa? Cita – citamu apa? Aku bingung mau jawab apa -__-

Mungkin aku salah satu orang yang gak punya cita – cita. Dulu sih, jaman aku pipisnya belum lurus, aku ditanya sama guruku TK “Dek Mutia kalo gede mau jadi apa?”. Aku jawab “Mau jadi guru bu”. Dan yaaa.... semoga kesampean, karena sekarang aku kuliahnya juga di fakultas keguruan.
Tapi rasa – rasanya, kalo masih kecil ditanya cita – citanya apa pasti jawabannya itu – itu aja. Kalo gak guru ya dokter. Kayak pekerjaan yang paling terkenal itu guru dan dokter. Iya bener loh, kebanyakan anak – anak pasti jawab gitu. Coba kamu tanya sama adek – adek kecil.
Ada sih beberapa anak yang jawabnya kadang aneh, nyleneh dan penuh fantasi. Tak tanya, “Adek cita – citanya jadi apa?” dia jawab jadi ultramen  #NahLoh. Tapi gakpapa sih, memang dunia anak itu penuh imajinasi. Karena dari imajinasilah Einsteins bisa menemukan lampu bohlam.
Ada yang lebih lucu, Keisha, keponakanku yang lucu dan ngeyel itu tak tanya, ”Kesha kalo gede cita – citanya jadi apa?”. Dia jawab gini,” Jadi satpam Tan.” Kok satpam? “Iya, biar bias nangkep penjahat.” Kan polisi juga bisa nangkep penjahat dek? -___-
Tadi pagi itu aku ngobrol2 sama bu Ratmi pas habis sholat subuh. Jadi kita gak dengerin ceramah malah curhat. Aku mendapat pencerahan.
Dulu, ketika aku masih berumur belasam tahun (kalo sekarang udah kepala dua). Impian terbesarku adalah nikah sama dia. Wedeeewww....
Iya, dulu jaman seneng – senengnya, hati lagi di mabuk cinta, aku pengeeen banget cepet – cepet nikah. Tapi gak tau kenapa, akhir – akhir ini, yaaa setelah beberapa hal terjadi dan karena beberapa sebab pengen nikah sama dia-nya itu gak tau pergi kemana. Ilang.
Aku kok cenderung lebih berfikiran seperti ini, agak sesat sih. Kalau aku menikah sekarang, dalam posisi aku masih kuliah. Biaya nikahnya dari mana? Oh iya, yang namanya orang tua pasti mengusahakan, mungkin calon suami nanti ikut membantu. Dan kalau aku punya anak ketika masih kuliah, waowww pasti bakalan repot banget, yaaa meskipun kalo masalah anak itu bisa direncanakan.
Tapi gini, ketika sudah menikah, gak mungkin aku mau minta ini itu sama orang tua lagi. Ya meskipun sekarang juga jarang minta sih. Tapi biaya hidup setelah menikah itu bakalan lebih besar. Kesibukanku juga bakalan bertambah, seperti ngurus suami, masak, apalagi kalau masih tinggal serumah sama mertua. Oh no!!!!
Kalau tinggal sama mertua itu serba gak enak dan serba salah. Semua pekerjaan harus perfect kalo gak mau dapet omongan dari mertua. Ampunn, padahal aku ngurus diri sendiri aja belum belum bener, gimana mau ngurus mertua, ngurus adiknya, waaaaaaahhhhh....
Apalagi aku gak bisa masak #NahLoh ,bakal diomong deh, menantu ku itu bla...bla...blaaa.....
Yaaaa... meskipun gak semua mertua kayak gitu. Tapi sebaik apapun hubungan menantu sama mertua, tapi kalo tinggal serumah pasti bakalan ada aja celah buat gak akurnya.
Bayangin deh, udah punya anak dan tinggal sama mertua. Udah ngurus anak dan suami, ngurus rumah, ngurus mertua yang kadang cerewet dan kalo dia punya adik maka harus ngurus adiknya juga apalagi kalau masih kuliah, apalagi belum punya penghasilan sendiri.
Nah terus yang mau ngurusin adikku kandung siapa?? Yang mau ngragati sekolahmya adikku siapa? Dia udah gede, semakin banyak kebutuhannya, seperti pendidikan. Dan semakin tinggi jenjang sekolahnya orang tuaku semakin tua. Kekuatannya gak seperti pas nyekolahin aku, udah gak sekuat dulu, apakah iya aku tega ngebiarin mereka seperti itu???
Iyaaaa... kalau suamiku besuk itu bisa membantu. Lha seandainya kalau ngebiayain hidup anaknya aja keteteran. Aku gimana?? Aku harus gimanaa???
Yaaa meskipun rejeki itu sudah ada yang mengatur. Apalagi rejeki orang menikah. Rejeki orang menikah itu LUAR BIASA. Ibaratnya rejekinya dua orang dijadiin satu. Tapi kalau cuma berfikir kek gitu dan gak ada usaha, mau jadi apa?? Iyaa emang rejeki udah diatur sama Tuhan, tapi kalau kita berusaha ngambil ya tetep disimpen ama Tuhan.
Dari pemikiran – pemikiran itu, impianku untuk segera menikah mulai terbunuh. Yaaa walaupun memang pemikiran itu cuman salah satu alasannya. Tapi iya kan??
Seperti bu Ratmi itu, memang suami beliau punya gaji yang cukup besar. Tapi bu Ratmi punya penghasilan sendiri. Dimana beliau bisa mencukupi kebutuhannya sendiri seperti bedak, baju, bahkan bumbu dapur dan sebagainya.
Dan satu lagi untuk wanita, punya penghasilan sendiri itu membuat kita enggak diperlakukan seenaknya, kita punya harga, kita tidak bergantung pada suami. Memang tugas sebagai suami itu mencari nafkah untuk keluarga, tapi boleh dong sang istri punya penghasilan sendiri. Gak ada yang melarang kok. Dan ada kebanggaan tersendiri untuk itu. Aku yakin, setiap wanita pasti punya keingin kayak gitu.
Tapi beda sih dengan cowok, menurut hasil dari mendengarkan curhatan temen – temen cowok yang curhat sama aku bilang gini,”Mut, aku besuk kalo udah nikah, istriku gak tak bolehin kerja, biar dia dirumah aja, ngurus rumah, ngurus anak dan ngurus aku.”
Owww.... iyaaa jelaaasss... biar dia bisa berkuasa!! Gitu kan!!
Eh tapi mereka punya alasan,”Ya kan aku udah kerja. Kalo dia kerja, takutnya anakku nanti terabaikan.” Yaaa... itu ada benernya. Bener banget!! Tapi wanita itu bisa melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Wanita itu bisa membagi waktu loh.
Dan setelah mendapat nasihat dari Bu Ratmi, aku semakin yakin dan mantab dengan impianku, impian terbesarku. Aku ingin bisa menyekolahkan adikku sampai dia bisa berhasil mandiri dan merawat mamak dan bapak secara fisik dan finansial biar mereka gak perlu kerja banting tulang kayak sekarang. Impian terbesarku adalah membahagiakan mereka.
Dan jodohku pasti akan menungguku sampai waktu itu tiba :)

3 komentar:

  1. impian yang sangat mulia mbak mutia
    semoga tercapai ya
    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. suka deh sama coment-nya mas nanang, selalu penuh do'a :)

      Hapus
    2. iya, aku juga suka baca setiap postingan mbak mutia
      keep posting ya :-)

      Hapus