Mutia Kymoot Thanks God, I'm sweet. Engkau sungguh Maha Indah, indahkanlah aku, Tuhan.

Senin, 12 November 2012

Ekspedisi Goa Jomblang - Grubug, Misteri yang Menawan

Kedua kalinya ngerasain apa yang namanya repling. Kali ini bukan cuma repling, tapi susur goa juga.Sebelumnya gak kebayang deh bisa masuk ke goa Grubug – Jomblang, cuma bisa liat di foto aja, keren banget!!! Pas liat di foto juga mupeng pengen banget kesana, pengen liat langsung yang katanya “cahaya surga” itu.Tapi mahal beudh buat kantong mahasiswa seperti saia -_-‘’
Dan sebuah keberuntungan yang WOW, kemaren pas habis repling di Sri Gethuk. Gak nyangka diajakin simbah buat ikutan ke goa ini.Sebenernya sih gak enak hati, soalnya ini cuma modal dengkul aja, alias gak bayar, kemaren di Sri Gethuk juga digratisin sama masnya (bener bener mental mahasiswa -_-‘’)

Dan sesuai rencana, dengan semangat pagi aku bangun pagi (yang biasanya tiap hari minggu pasti bangun siang (demi cahaya surga, aku relaaa... aku rela bangun pagi!!!!). Ternyata ada 1 mas mas lagi yang ada disitu, *kenalan sik* namanya mas Ari.
Setelah lapor sama pak dukuh kita langsung capcus kesana. Jalan dari rumah simbah ke rumah pak dukuh sih masih aspal halus, nahhh.. dari rumah pak dukuh ini yang woww sekaleee, semacam “kali asat" -_-.

perjalanan menuju goa
tampak lubang tempat masuk untuk menuju oa grubug
tampak gelap dan misterius
Goa Jomblang ini letaknya  di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Goa ini merupakan salah satu dari sekitar 400 goa yang ada di Gunungkidul (kurang keren piye to Gunungkidul ki? pantai ada... goa juga banyak...). Goa Jomblang ini adalah goa vertikal yang tingginya 60 meter dan terhubung dengan Goa Grubug (utara goa Jomblang).

persiapan buat masuk ke goa
Dan berhubung aku masih amatir, maka aku diajak buat lewat jalur paling pendek, dan paling mudah. Gak langsung dari atas goa, tapi turun dulu ke  dalam lewat jalan kecil, biarpun dibilang jalur amatir, tapi tetep susah buatku -_-
kayak di dalam sumur ya :D
tebing paling atas keliatan dari sini, gak kebayang kalo turun dari atasnya langsung, tapi pengen nyoba sih, besuk lah lain kali kalo udah canggih :D
 Sampe di setengah kedalaman, kita baru pasang alat. Tepatnya sih mas masnya yang pasang, aku sih cuma nonton aja :D
mas Alih & mas Ari masang tali talinya, dan aku cuma nonton, dan membantu mereka dengan do'a (sebenernya bingung apa yg bisa aku lakuin, dan gak ada -_-'')
mas Depri siap siap turun buat jagain dibawah, ati ati mas, bismillah dulu *_*
 Selanjutnya aku yang turun....
wushhhhh
serasa jadi kayak jadi spidergirl :D
alhamdulillah nyampe bawah dengan selamat :')
Nyampe di bawah gue seperti berada didalam hutan yang rimba
ada pohon besar yang belum pernah gue tau namanya, sepertinya pohon jaman purba dilihat dari batang pohonyya yang sudah besar dan menjulang tinggi
Ekspedisi pun dilanjutkan, kita memasuki goa yang menuju goa grubug. Tampak sebuah pintu raksana yang menganga lebar dan gelap di dalamnya seperti menyimpan suatu misteri yang menyeramkan. 
tampak pintu goa dari dalam
Nah dalam perjalanan menuju goa grubug, aku sempet diceritain sejarah goa ini sama masnya. Panjang lorong ini sekitar 500 meter. Katanya dulu  pada sekitar 1970an goa Grubug ini dijadikan lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Konon banyak warga yang mencoba masuk dan akhirnya hilang. Dan pada 1990-an, masyarakat sekitar Goa Jomblang menggelar doa bersama di gua tersebut. Sejak saat itu, tidak ada lagi penjelajah goa Jomblang-Grubug yang hilang. Goa grubug yang berdiameternya sekitar 50 m ini, pertama kali dijelajahi pada 1984 oleh Acintyacunyata Speleological Club (ASC), kelompok penjelajah gua dari Kota Jogja.

Cerita tadi cukup membuatku ketakutan dan merinding, berarti banyak hantunya dong. Apalagi jalannya itu gelap dan licin banget. kita cuma pake penerangan 1 senter sama hapeku yang kebetulan ada senternya (hape keren sih :D)
Dan rasa takutku hilang seketika ketika aku melihat seberkas cahaya terang dan suara gemericik air ("Subhanallah.... keren biyangetttt" ini ya yang dinamain cahaya surga...... kerennn biyangetttt. Kata masnya ini tingginya sekitar 90 meter. gilakk, gimana rasanya kalo turun dari atas ya #kapan kapan aku harus nyoba).
tetes tetes air dari stalagnit bikin tambah keren ajah, kayak hujan :D
Dan gak mau menyia - yiakan kesempatan, aku minta mas Depri fotoin gue sebanyak - banyaknya (nuwun yak mas Depri udah difotoin :*)
liat itu, keren banget yaa ;')

mengagumi keindahan goa ini

Keren ya :)
semedi dulu
Basahhhh
gak kerasa basah basahan disini, tetes tetes airnya lumayan deres kayak hujan, gue nyampe kedinginan
Dan pas ngeliat ke bawah, terlihat sungai yang mengalir cukup deras. Ohhh... ini to sungai bawah tanahnya.

Kita pun turun ke sungai (jalannya licin dan berbatu tajam tapi dengan semangat juang '45, pelan - pelan kita nyampe disungai. Euwh... airnya sejuk banget!!!)
Diseberang sungai ada batu putih yang gede, sepertinya terbentuk oleh tetesan tetesan air yang terus menerus, cantik banget warnanya, putih berkilauan gitu.

aduh... orps :(
Setelah puas berfoto - foto kita memutuskan untuk naik, dan harus pake tali lagi, aduhhh....
satu... dua.. angkat...satu dua angkat!!!! fiuhh capekkkkk
Setelah istirahat dan semuanya udah naik kita packing buat pulang.
Nyampe rumah aku baru liat jam, udah jam 08.30 WIB. Seharian full, dan belum makan sejak tadi pagi. fisikku lumayan jos yak :D
bener bener LUAR BIASA!!! JOS KOTOS KOTOS *mijitin kaki, njarem kabehh lek*
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar